Perlukan seorang mentor dalam membangun bisnis? Pengusaha harus tahu ini !

Perlukan seorang mentor dalam membangun bisnis? Pengusaha harus tahu ini !

Kamu baru memulai bisnis dan bingung bagaimana caranya menjalankan? ini menandakan bahwa bahwa kamu membutuhkan seorang mentor bisnis.

Siapa sebenarnya orang yang disebut mentor bisnis itu? mari kita simak penjelasannya dalam artikel ini. Ayo kita mulai 🙂

Pengertian Mentor Bisnis

Mentor bisnis adalah orang yang memiliki ilmu pengetahuan yang luas tentang bisnis dan bersedia memberikan bimbingan dan masukan tentang cara mengelola bisnis yang baik. mereka akan mendampingi kamu agar bisa mengembangkan diri dan mengambil keputusan terbaik untuk bisnis.

Belajar dari pengalaman dan pengetahuan tersebut akan menjadi sebuah panduan yang dapat membimbing orang lain untuk bisa berkembang dan berproses dengan lebih pesat. 

Seorang mentor akan hadir dan menyediakan waktunya untuk mengawasi kamu saat sesi pelatihan atau belajar. Mereka akan menawarkan saran, memberikan dukungan, dan menjawab semua pertanyaan. 

Hubungan antara seorang mentor dengan muridnya disebut dengan istilah mentoring. Lebih tepatnya, mentoring adalah sebuah hubungan antara seseorang yang berpengalaman dengan orang lain yang masih membutuhkan dukungan, motivasi, dan dorongan agar mampu mencapai sebuah keberhasilan dan kesuksesan.

Manfaat Mentor Bisnis

Seorang mentor dalam memberikan ilmunya tentu memiliki misi, salah satunya tentu ingin kamu sebagai anak didiknya bisa sukses seperti dia. Ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari mentoring yang kamu ikuti. 

Pertama seorang mentor bisa memberimu motivasi dan inspirasi dari pengalaman yang diberikannya. Kebanyakan mentor sudah terbukti sukses di bidangnya. Memiliki panutan dapat menginspirasi kamu untuk mendorong diri sendiri dan belajar menyelesaikan contoh kasus yang diberikan mentor. 

Kedua mereka dapat menawarkan feed back  yang membangun. Dari pengalaman seorang mentor tersebut mereka bisa menilai dan mengukur kemampuan kamu sehingga dapat membantu kamu fokus di posisi yang bisa kamu kembangkan. 

Ketiga Mereka dapat mengajarimu untuk membaca peluang dengan baik dan percaya diri. Saat kamu menghadapi tantangan, seorang mentor dapat memberikan arahan yang tepat dalam menanggapinya. 

Keempat Mentor dapat membantu kamu mengembangkan jaringan profesional yang kamu butuhkan. Lewat mentor, kamu bisa mendapatkan kesempatan terhubung dengan banyak pihak dan para profesional di bidang yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Kelima, Selama periode mentoring, mentor akan sering membantu kamu dalam membangun jaringan barumu dengan menawarkan koneksinya. 

Dan terakhir Mentor dapat menawarkan informasi terkait pengembangan jalur karier kamu. Seorang mentor bisnis juga dapat membantu kamu melihat jalur karier kamu saat ini dari sudut pandang berbeda. Biasanya, seiring waktu, mentor dapat melihat potensi pilihan bisnis yang tidak kamu sadari dan memandu kamu sesuai kebutuhanmu.

Perlukah Mentor Dalam Membangun Bisnis

Proses mentoring ini biasanya mampu memberi banyak pengetahuan baru yang bisa menjadi insight untuk diterapkan pada strategi bisnis kamu . Belum lagi kesempatan untuk melakukan networking dengan mentor dan konsultasi mengenai hal-hal berhubungan dengan membangun sebuah bisnis. 

Dari beberapa pengalaman yang di sharing oleh banayak pebisnis dan pengusaha sukses di media sosial, mengatakan bahwa orang-orang yang mengikuti mentoring  terbukti memiliki karir yang lebih sukses, seperti penghasilan yang lebih tinggi, sering mendapat promosi, merasa lebih puas bekerja, serta tingkat komitmen yang lebih tinggi.

Sekarang kamu bisa menyimpulkan sendiri kan kalau mentoring itu manfaatnya sangat banyak. Terutama untuk kamu yang pemula dalam bisnis, di bimbing oleh mentor mungkin akan meringankan banyak beban pikiran kamu^^

Leave a Reply