Mengenal Profesi HRD dan Job Desknya di Dunia Kerja

Mengenal Profesi HRD dan Job Desknya di Dunia Kerja

loops.id

Apa Itu HRD?

HRD atau Human Resource Development merupakan salah satu divisi penting dalam perusahaan yang bertanggung jawab dalam mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) dari berbagai aspek.

Peran HRD sangatlah vital dalam membantu perusahaan mengembangkan karyawan melalui pelatihan dan pengembangan karier guna meningkatkan efektivitas dan kinerja organisasi secara keseluruhan.

Dengan pendekatan ini, perusahaan dapat memanfaatkan potensi dan keterampilan yang dimiliki oleh karyawan serta meningkatkan produktivitas kerja secara signifikan. Selain itu, upaya pengembangan SDM juga membantu perusahaan dalam mempertahankan para kandidat terbaik di lingkungan kerja mereka.

Apa Jobdesk Seorang HRD?

HRD bertugas untuk melakukan persiapan dan seleksi tenaga kerja, mulai dari persiapan yang meliputi faktor internal dan eksternal, rekrutmen tenaga kerja, dan seleksi tenaga kerja.

Sebagai garda terdepan dalam pengelolaan sumber daya manusia, HRD bertanggung jawab untuk memastikan bahwa karyawan memiliki keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan individu dan perusahaan secara keseluruhan.

Dalam konteks ini, HR memiliki peran kunci dalam pengembangan karyawan agar menjadi lebih kompeten dan berkembang. Berikut adalah beberapa fungsi peran penting HRD dalam pengembangan sumber daya manusia:

1.Merekrut Karyawan Baru

Salah satu fungsi penting HRD adalah merekrut karyawan yang memiliki potensi tinggi dan sesuai kualifikasi yang dicari oleh perusahaan. Biasanya, mereka akan memulai proses mulai dari penyaringan CV dari para calon karyawan, tes tertulis, hingga proses interview sebelum ke offering jika cocok.

Ketika mereka sudah mendapatkan kandidat yang paling tepat, nantinya tugas HRD yang akan melanjutkan proses onboarding untuk memperkenalkan karyawan baru pada budaya perusahaan termasuk apa saja yang menjadi tugasnya nanti.

2. Memberikan Pelatihan pada Karyawan

HRD memiliki fungsi dalam hal pengembangan dan evaluasi karyawan. Agar setiap karyawan dapat berkontribusi secara maksimal terhadap perusahaan atau organisasi, maka ia harus menguasai pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Maka dari itu, mereka harus mampu meningkatkan produktivitas karyawan agar perusahaan dapat terus meningkatkan performanya.

3.Memberikan Kompensasi pada Karyawan

Fungsi HRD adalah kepanjangan tangan perusahaan untuk untuk memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai. Kompensasi adalah imbalan atau upah atas kontribusi kerja pegawai yang diberikan secara teratur dari organisasi atau perusahaan.

4.Meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan Karyawan

HRD bertugas untuk merancang dan menyelenggarakan program pelatihan dan pengembangan yang relevan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan.

Melalui pelatihan teknis, pelatihan manajerial, atau pelatihan keahlian khusus, mereka akan membantu karyawan memperoleh keterampilan baru dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjalankan tugas mereka dengan lebih efektif.

5.Mengembangkan Potensi Karyawan

HRD berperan sebagai pendukung utama dalam pengembangan potensi karyawan.

Melalui identifikasi bakat, penempatan yang tepat, dan program pengembangan karir, mereka akan membantu karyawan dalam menggali potensi terbaik mereka dan memberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang di dalam organisasi.

6.Membina Hubungan Antar Karyawan

HRD juga bertugas untuk memfasilitasi hubungan antarkaryawan yang sehat dan produktif.

Dengan mengembangkan program kerjasama tim, kegiatan perusahaan, atau forum komunikasi internal, mereka akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif dan mendukung.

7.Mengevaluasi Kinerja Karyawan

Evaluasi kinerja merupakan bagian penting dari pengembangan sumber daya manusia.

HRD melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan dengan menggunakan metode yang tepat, seperti penilaian kinerja berbasis kompetensi atau penilaian 360 derajat. Dengan melakukan evaluasi yang objektif, mereka akan dapat mengidentifikasi kekuatan dan area pengembangan bagi setiap karyawan.

itulah 7 jobdesk dari HRD. Kesimpulannya mereka ini memiliki peran strategis dalam pengembangan sumber daya manusia yang unggul. Dengan mendukung pengembangan keterampilan, pengetahuan, sikap, dan potensi karyawan, HRD membantu membangun tim yang kuat, produktif, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Leave a Reply