Mau Rekrut Karyawan Berkualitas? HRD Wajib Baca Artikel ini Sampai Selesai

Mau Rekrut Karyawan Berkualitas? HRD Wajib Baca Artikel ini Sampai Selesai

loops.id

Setelah membahas pengertian HRD dan Tugas-tugasnya, kali ini kita akan bahas tentang salah tugasnya yaitu merekrut karyawan. Merekrut karyawan merupakan salah satu proses yang dapat menguras waktu dan biaya. Namun hal tersebut tetap harus dilakukan demi mendapatkan karyawan dengan kualitas yang terbaik.

Berikut adalah cara merekrut karyawan berkualitas dan efektif yang dapat HRD terapkan : 

1. Buat Informasi Lowongan Pekerjaan yang Detail

Untuk menginformasikan pada publik bahwa perusahaan kamu sedang membuka lowongan pekerjaan, tentunya kamu harus membuat sebuah konten tentang lowongan pekerjaan.  Untuk mendapatkan calon karyawan yang memiliki kualitas terbaik, diperlukan lowongan kerja yang jelas dan detail. Deskripsi pekerjaan, posisi yang dibutuhkan, jobdesk, fasilitas, benefit dan juga informasi perusahaan harus tercantum secara detail dan rinci. Adanya deskripsi yang detail dan terperinci bertujuan untuk mempermudah proses penyaringan terhadap kandidat yang ingin melamar dan juga untuk mempermudah saat proses rekrutmen.

2. Sebar luaskan Informasi Lowongan  Pekerjaan Melalui Berbagai Platform

Agar lowongan pekerjaan dapat dijangkau banyak orang perusahaan perlu menyebarluaskan   lowongan tersebut. Saat ini sosial media merupakan tempat yang tepat untuk membagikan informasi lowongan pekerjaan. 

Dengan memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, dan Twitter akan lebih praktis dan lebih banyak menjangkau target yang diinginkan. Pasalnya saat ini telah banyak orang yang mencari dan menyebarkan informasi lowongan pekerjaan melalui platform tersebut. 

3. Lakukan Filter Awal Terhadap Kandidat 

Untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki oleh pelamar, adanya tes  merupakan hal yang harus dilakukan oleh perusahaan. Tes yang dilakukan pelamar juga harus relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Perusahaan juga bisa melakukan tes dasar seperti kompetensi dasar, psikotes, dan tes kesehatan.  Hasil serangkaian tes yang dilakukan pelamar nantinya akan dianalisis oleh HRD. Setelah hasil analisis dan evaluasi keluar, HRD dapat memilih beberapa kandidat yang sesuai untuk melanjutkan pada sesi wawancara atau interview. 

4. Siapkan Pertanyaan Interview dengan Matang 

Setelah menganalisis data dan hasil tes yang telah dilakukan sebelumnya, cara selanjutnya untuk merekrut karyawan yang berkualitas adalah dengan menyiapkan pertanyaan saat interview dengan matang. Hal ini diperlukan untuk memastikan kompetensi dan kepribadian yang dimiliki oleh calon karyawan. Tentunya setiap HRD tidak hanya menginginkan karyawan yang memiliki kompetensi saja namun juga memiliki kepribadian dan perilaku yang baik sehingga dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif. 

5. Periksa Latar Belakang Kandidat

Sebelum mengambil keputusan merekrut karyawan, HRD juga perlu memeriksa latar belakang pelamar tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan kebenaran data yang diberikan oleh pelamar. 

Pada umumnya pemeriksaan latar belakang yang dilakukan seperti pemeriksaan pendidikan, pemeriksaan tindak kriminal, riwayat kerja,  dan pemeriksaan karakter. Pemeriksaan karakter ini sering dilakukan dengan melihat akun media sosial mereka. 

6. Berikan Respon Baik Terhadap Kandidat

Sebagai calon karyawan di perusahaan, seorang pelamar tentunya akan memilih perusahaan dengan lingkungan kerja yang baik. Respon atau perilaku HRD disini dapat mempengaruhi proses pertimbangan karyawan dalam memilih perusahaan. Dengan adanya respon baik akan memberikan kesan pertama yang baik bagi calon karyawan. Sehingga karyawan akan merasa nyaman dan melakukan tahapan seleksi dengan semangat. 

7. Berikan Penawaran Terbaik Kepada Kandidat

Cara ampuh untuk merekrut karyawan yang berkualitas yaitu dengan cara memberikan penawaran terbaik kepada kandidat atau calon karyawan. Karyawan akan memilih perusahaan dengan penawaran yang terbaik. HRD dapat memberikan fasilitas atau manfaat sebagai penunjang karyawan dalam bekerja. Dengan adanya fasilitas yang lengkap, aktivitas bekerja akan lebih efisien dan maksimal. Hal tersebut dapat menarik minat pelamar untuk menerima tawaran pekerjaan di perusahaan kamu . 

8. Membangun Reputasi Baik Perusahaan 

Cara terakhir untuk merekrut karyawan yang berkualitas adalah membangun reputasi perusahaan dengan sebaik mungkin. Adanya reputasi yang baik dalam perusahaan akan membuat calon karyawan untuk berlomba- lomba untuk bisa bekerja di perusahaan kamu .

Dengan banyaknya minat kerja secara otomatis pelamar akan bersaing ketat untuk meningkatkan skill mereka. Hal ini pastinya sangat menguntungkan perusahaan untuk memiliki karyawan yang berkualitas terbaik.

Leave a Reply